Ayo Ngobrol dengan Orang Asing.

image

Every People that we meet is important

Ini adalah kutipan yang saya dapat ketika menonton video di Youtube, video speech dari mantan putri Indonesia di TEDx Brawijaya di Universitas Brawijaya Malang. (Cari sendiri saja, kouta saya sedang tipis males ngecek :p)

Saya jadi teringat fenomena yang sering saya temui bahkan mungkin saya alami sendiri. Di dunia yang serba digital ini, kita sudah jarang berbica dengan orang asing yang kita temui misal di kendaraan umum atai ketika ada orang yang duduk di samping kita saat kita ada di tempat umum seperti taman. Jangankan dengan orang asing, dengan teman sendiri ketika sedang nongkrong saja banyak diantara kita yang sibuk sendiri dengan gadget masing-masing. Bahkan ketika saya membuat tulisan ini, saya sedang di rumah berkumpul dengan keluarga paman saya nyeletuk jaman sekarang di warung kopi jaman sekarang seperti ini (semua yang sedang berkumpul dengan gadget).

Padahal orang asing tersebut bisa jadi bisa menjadi pintu gerbang menuju kesuksesan kita. Mungkin orang kita temui adalah client bisnis kita di masa depan. Atau bisa saja ketika kita ada masalah orang asing yang kita temui adalah “malaikat” yang Tuhan kirimkan menyelesaikan masalah kita. Banyak sekali cerita yang telah membuktikan orang asing ditemui seseorang menjadi pintu rejeki atau jalan keluar sebuah masalah.

Di luar itu, berbicara adalah salah satu cara berkomunikasi dan bersilaturahmi baik dengan orang yang sudah kenal atau yang belum dikenal. Anak muda jaman sekarang jarang mau basa-basi dan lebih sibuk dengan gadget. Ada yang merasa aneh jika ada orang asing yang mengajak berbicara dianggap aneh. Apalagi jika seumuran dan beda jenis kelamin sering dibilang “modus”.
Mungkin kita harus belajar lagi bagaimana belajar ngobrol dengan orang asing yang kita temui untuk menambah networking dan juga silaturahmi.

Bagaimana dengan kamu? Berapa orang asing yang temui di kendaaran atau tempat umum menjadi network baru mu? Atau kamu juga adalah orang yang yang diam-diaman jika bertemu orang?

Mungkingkah kita harus membentuk komunitas yang kegiatan mingguannya pergi dengan kendaraan umum atau pergi ke tempat umum, lalu harus bertemu orang baru untuk diajak bicara dan menjadi kenalan? Aah saya rasa belom perlu.. kita mulai saja dari sendiri saja. Letakkan gadget saat ngumpul dengan teman atau keluarga. πŸ™‚

Sumber gambar: Youtube.com

2 thoughts on “Ayo Ngobrol dengan Orang Asing.

  1. agregatillahnuryanuar

    Memang pergeseran fenomena telah terjadi di masyarakat kita hari ini, sangat disayangkan. Semoga dengan hal ini dapat menjadi kaca bagi diri kita masing-masing.
    Kami tunggu share informasi bermanfaat lainnya, Kak.
    Selamat menulis… πŸ™‚

    Like

Leave a comment